oleh

Plt Kadisdagperin Terima Kunjungan Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian RI

Musi Banyuasin,- Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Musi Banyuasin Azizah SSos MT, Senin, (9/11/2020) menerima kunjungan Bapak Nazarudin dari Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian RI beserta rombongan dalam rangka menindaklanjuti rencana hibah peralatan industri pembuatan lampu LED di Kabupaten Musi Banyuasin.

Direncanakan dengan bantuan ini, maka di Kabupaten Muba akan memiliki industri lampu LED dengan melibatkan kelompok Usaha Kecil Mikro. Bantuan ini merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi bagi masyarakat terdampak COVID-19.

Tim Kemenperin RI selanjutnya meninjau lokasi rencana kegiatan sekaligus tempat pelatihan bagi usaha kecil mikro tersebut didampingi Plt Kadisdagperin Muba dan staf. Setelah itu Tim melakukan diskusi dengan Bappeda kabupaten Muba yang dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Muba Iskandar Syahrianto SH MM.

Plt Kadisdagperin Muba Azizah SSos MT dalam kesempatannya mengungkapkan, Bantuan hibah peralatan industri kecil menengah bersumber dari dana APBN Kementerian Perindustrian Tahun Anggaran 2020 ini adalah untuk membantu masyarakat khususnya pelaku usaha mikro kecil menengah yang terdampak pandemi covid-19.

” Nantinya kelompok IKM Muba akan diberikan pelatihan teknis pembuatan lampu LED.
Pendampingan ahli dari Kemenperin dan untuk pasar ke depan akan dilakukan dengan dukungan Pemkab Muba, paling tidak hasil produksi kelompok IKM ini akan digunakan dalam skala lokal terlebih dahulu,” ujar Azizah.

Pembuatan lampu LED ini nantinya akan difasilitasi Kemenperin sesuai standar SNI dan 100% menggunakan bahan baku lokal sehingga akan menyasar banyak kalangan, seperti pelaku usaha itu sendiri, konsumen lampu di Muba, perkantoran, perusahaan dan lainnya.

” Ini akan memberikan dampak positif terhadap peluang kerja dan berusaha serta peningkatan pendapatan masyarakat,” tandasnya.

Sementara Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA Keberpihakan pada sektor UMKM ini dibutuhkan oleh kalangan perbankan karena selama pandemi banyak yang terpaksa gulung tikar.

Dia mengatakan, bahwa melalui UMKM Bangkit dapat mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional diharapkan berkerja optimal demi kembali bergeliatnya perekonomian masyarakat.

” Pemkab sangat konsen dengan UMKM ini, kami bukan hanya menyalurkan bantuan modal tunai, melainkan juga alat kerja agar mereka tetap bertahan,” jelas Dodi.


-----

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed